Ulasan Karir Sepak Bola David Villa

Ulasan Karir Sepak Bola David Villa

Ulasan Karir Sepak Bola David VillaDunia olahraga menarik perhatian banyak bocah lelaki bahkan semenjak usia mereka belum lima tahun. Olahraga yang identik dengan kaum lelaki ini tak luput dari perhatian salah satu pemain sepak bola professional asal Spanyol, David Villa Sanchez. Pemain sepak bola yang besar di kota Langreo ini sekarang dimiliki oleh klub New York City dan resmi memakai kaus pemain bernomor punggung 7. Striker New York City dengan tinggi 175 senti meter ini dilahirkan pada 03 Desember 1981 di Spanyol dan memulai karirnya tidak ketika ia berumur 5 tahun, namun pada tahun 1991, Villa yang berusia 10 tahun memutuskan untuk memperdalam kemampuan bermain bola bersama klub kota asal kelahirannya, Langreo.

Karir juniornya dipenuhi dengan kebersamaannya bersama klub Langreo selama 8 tahun sampai ia menjadi legal untuk membela tim senior. Di Langreo, Villa ditempa habis-habisan dan keahlian bermain bolanya terus ditingkatkan dan diperkuat. Setelah menghabiskan masa 8 tahun bersama Langreo, 18 tahun Villa bergabung kedalam klub Sporting Gijon B dan bermain selama dua musim sejak 1999 sampai 2001. Selama bermain untuk Sporting Gijon, dimusim pertamanya, Villa sudah berhasil membuktikan skillnya. Tercatat 25 gol berhasil ia cetak selama dua musim pertama. Mematahkan keraguan klub Real Oviedo yang beranggapan tinggi badannya berpengaruh buruk pada permainan bolanya.

Keraguan Real Oviedo terus tergerus, karena di musim berikutnya bersama Sporting, Villa mempersembahkan 38 gol lagi. Pada musim transfer 2003, Sporting ditimpa kesulitan keuangan dan secara resmi melepas David Villa ke Real Zaragoza dengan nilai transfer sebesar 3 juta euro. Real Zaragoza merupakan klub yang lebih tinggi disbanding Sporting dalam La Liga. Dengan kepribadian yang mudah beradaptasi, Villa dengan baik mengadopsi gaya bermain Zaragoza. Terbukti ia berhasil mencetak 17 gol di musim pertamanya. Kontribusi lainnya untuk Zaragoza ada dalam kemenangan tim di Copa del Rey tahun 2004, dimana mata internasional mulai memperhatikannya. Membuat rekan-rekan, manajer, dan penggemar Villa ikut-ikutan bangga.

Karirnya dalam La Liga terus mengalami pengingkatan yang signifikan sejak saat itu. Pada musim panas 2005, ia resmi ditransfer ke Valencia dengan nilai 12 juta euro. Disana, ia dilatih oleh Quique Sanchez Flores. Dibawah pelatihannya, karir Villa dalam lapangan terbilang sangat sukses dan membawa kesuksesan juga untuk tim. Ini adalah beberapa pencapaiannya: kontribusi 1 gol kontra Belgia KAA Gent, hat-trick melawan Athletic Bilbao memenangkan Valencia, membawa Valencia menjuarai pertandingan 1-0 kontra Schalke 04 di Liga Champions 2007-08, hat-trick ke gawang Levante pada penampilan liga ke 100nya. Pencapaiannya yang luar biasa ini membesarkan namanya sekaligus menarik perhatian banyak klub-klub besar Eropa.

Tidak adil rasanya jika tidak membahas karir klub David Villa secara detail, karena banyak pencapaian fantastis yang ia raih sepanjang karirnya. Namun, pada 19 Mei 2010 Villa resmi disepakati kedua klub untuk berpindah klub ke FC Barcelona dengan nilai transfer yang meroket yakni 40 juta euro. Selama di Barcelona, keahlian Villa semakin meningkat dan lebih baik. Ia pun memperoleh “Male Athlete of The Year” yang diberikan oleh Akademi Olahraga Amerika Serikat. Sebelum berlabuh di New York City FC, Villa sempat menjadi pemain inti Atletico Madrid. Sementara itu, karir Internasionalnya diwarnai dengan partisipasinya 7 kali membela tim nasional U-21 Spanyol dan masih banyak lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *